Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung ke Jaringan WiFi

mengatasi error wifi laptop

 65 total views

RajaiT.id – Pernahkah kamu mengalami dimana perangkat laptopmu tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi? Tentu saja hal ini akan sangat membuat kesal bahkan bisa menyita waktumu.

Tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi

Namun memang, pada kondisi tertentu laptop bisa mengalami kesulitan untuk terhubung ke jaringan WiFi. Hal ini dikarenakan keteledoran pemakaian atau memang karena sistemnya saja yang sedang error. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi laptop yang tidak bisa konek dengan jaringan WiFi

Cara Atasi Laptop Tidak Bisa Terhubung ke jaringan WiFi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memeriksa jaringan WiFi pada notification area icons yang terdapat pada pojok kanan bawah layar. Pada bagian internet access, apakah terdapat ikon seru berwarna kuning atau tidak. Perlu kamu ketahui, bahwa simbol tersebut merupakan salah satu pertanda bahwa perangkat laptop kamu tersebut memang tidak terhubung dengan jaringan WiFi.

How To Fix Network Connection or W-Fi Icon Missing From Taskbar In Windows 10 | Get All Tech

Kamu tidak akan bisa terhubung ke internet jika ikon tersebut masih muncul. Untuk memperbaikinya, silahkan kamu ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan kamu buka control panel. Kemudian klik network and internet. Selanjutnya, silahkan kamu masuk ke jendela network and sharing center, dan klik change adapter setting yang ada pada bagian kiri atas.
  • Setelah kamu memilih change adapter setting, maka jendela baru pun akan terbuka. Klik kanan pada wireless connection, kemudian pilih properties.
3 Ways to Open Network Connections in Windows 10 | Password Recovery
  • Pada jendela local area connection properties, double klik pada tulisan internet protocol version 4.
  • Setelah itu, klik pada menu bullets “obtain an IP address automatically”, lalu pilih “obtain DNS server address automatically”, dan klik ok.
4 Cara Cepat Mengganti IP Address Windows dan Android

Konfirmasi terakhir dengan klik ok, dan tunggu hingga ikon tanda seru berwarna kuning tersebut hilang yang menandakan bahwa kamu sudah bisa terhubung dengan internet.

Cara Atasi Laptop Limited Access

Jika terdapat keterangan “limited access” pada jaringan WiFi kamu, maka kemungkinan yang terjadi adalah karena adanya beberapa alasan.

Limited Wi-Fi Access in Windows 10 and 8.1 - Troubleshooting | Windows OS Hub
  • Alasan pertama adalah habisnya masa berlaku IP address yang sudah kamu dapatkan secara otomatis dari access point.
  • Kedua, bisa dikarenakan posisi laptop kamu yang terlalu jauh dengan lokasi access point, sehingga susah untuk menangkap sinyal WiFi.
  • Ketiga, terlalu banyaknya cache data WiFi pada laptop, sehingga terjadi bug pada penerimaan sinyal WiFi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kamu bisa melakukan beberapa hal seperti berikut ini.

  • Silahkan masuk pada menu start, klik control panel.
  • Pilih network and internet, lalu pilih juga network and sharing center.
  • Pada bagian ini terdapat informasi mengenai basic network information and set up connections. Lalu silahkan kamu pilih manage wireless networks.
  • Pada halaman ini akan tampil beberapa cache dari data WiFi yang pernah kamu gunakan sebelumnya. Hapus semua cache WiFi tersebut dengan cara klik remove.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa memperbaiki hal ini dengan menggunakan command prompt.

  • Silahkan kamu klik start menu, kemudian ketik command prompt. Selain itu, kamu juga bisa membukanya dengan menggunakan tombol shortcut Ctrl+R, lalu masukkan kata cmd.
  • Setelah jendela cmd terbuka, tuliskan perintah netsh winsock reset, dan tekan enter.
Cara Reset TCP/IP Stack di Windows 10 | WinPoin
source : winpoin
  • Tuliskan perintah selanjutnya, yakni netsh int ipv4 reset reset.log, dan tekan tombol enter lagi. Tunggu beberapa saat, dan tutup jendela cmd. Restart laptop kamu sebelum menggunakannya kembali dan terhubung ke jaringan WiFi.

Baca Juga : ASUS CHROMEBOOK, Laptop Yang Cocok Untuk Pelajar

Nah, bagi kamu yang sering merasakan kalau laptopmu sulit bahkan tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi, maka coba untuk menggunakan laptop merek Acer. Hal ini dikarenakan laptop Acer sudah terbukti memiliki spesifikasi jaringan WiFi yang bagus dan dijamin akan selalu support dengan jaringan apapun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *