Cara Telpon dan Video Call Menggunakan Aplikasi WhatsApp dari Laptop

vidcall-wa-dari-laptop

 239 total views

Aplikasi WhatsApp secara resmi telah merilis fitur panggilan telepon suara atau voice call dan panggilan video atau video call melalui perangkat komputer, baik itu laptop maupun desktop atau bisa juga digunakan bagi pengguna yang berinteraksi dengan aplikasi WhatsApp desktop, baik itu windows maupun Mac. Fitur voice and video call WhatsApp yang bisa digunakan pada komputer desktop atau laptop ini sudah bisa digunakan di Indonesia.

Perlu Anda ketahui juga bahwa aplikasi WhatsApp desktop ini sangat berbeda dengan WhatsApp Web Browser. Aplikasi WhatsApp Desktop ini bisa Anda unduh atau install di masing-masing platform yang Anda miliki, baik itu yang berbasis Windows maupun Mac melalui halaman resmi dari WhatsApp.

Icon Voice or Video Call

Dalam versi terbarunya, ikon voice or video call pada WhatsApp ini akan muncul ketika penggunanya melakukan proses login ke WhatsApp Desktop versi terbarunya. Nah, untuk melakukan voice call or video call WhatsApp melalui laptop atau komputer ini, maka caranya pun cukup mudah.

Dimana langkah pertamanya Anda hanya perlu mendownload aplikasi WhatsApp desktop untuk Windows atau Mac. Lalu, pilihlah kontak yang ingin Anda telepon pada aplikasi WhatsApp Desktop ini. Kemudian, pada layarnya Anda akan melihat di sisi pojok kanan atas terdapat ikon baru yang berada di samping tombol search yang berupa lambang ikon kaca pembesar.

Selanjutnya, pada fitur voice and video call WhatsApp  ini Anda bisa memilih ikon bergambar gagang telepon untuk melakukan voice call atau bisa juga Anda memilih ikon perekam video untuk melakukan video call.

Pilihan Opsi Icon Pada Layar Panggilan

Ketika Anda melakukan panggilan ke pengguna WhatsApp lainnya, maka akan muncul jendela kecil yang menunjukkan status panggilan Anda.

Jendela tersebut akan terlihat memuat beragam tombol, mulai dari tombol untuk memulai video, tombol membungkam suara atau mute, hingga tombol untuk mengakhiri panggilan. Selain itu, terlihat pula tombol titik tiga horizontal yang jika di klik nantinya akan memunculkan opsi panggilan lainnya.

Ketika sedang ada panggilan masuk, maka pengguna dari WhatsApp Desktop ini akan langsung diberi tahu dengan munculnya jendela baru atau yang sering disebut dengan pop out. Jendela tersebut akan menampilkan berbagai pilihan yang memungkinkan penggunanya untuk menerima atau menolak panggilan suara maupun panggilan video yang masuk tersebut. Tampilannya memang sangat mirip dengan tampilan yang ada pada versi mobilenya.

Penyesuaian Orientasi Tampilan Layar

Khusus bagi panggilan video, fitur voice and video call WhatsApp pada aplikasi WhatsApp ini dapat menyesuaikan orientasi tampilan layar dalam dua posisi, bisa dengan posisi horizontal maupun posisi vertikal. Selain itu, jendela pada panggilan yang ada di desktop juga akan ditampilkan paling depan. Dengan demikian, maka jendela panggilan pun tidak akan bertumpuk di antara tumpukan jendela dari aplikasi lain yang sedang terbuka saat itu.

Perlu dicatat juga bahwa dukungan dari voice call maupun video call yang menggunakan WhatsApp Desktop ini baru bisa digunakan untuk panggilan individual saja, ya. Jadi, untuk panggilan yang dilakukan secara berkelompok atau group belum didukung.

Enkripsi End to End

Pihak WhatsApp sendiri sudah menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa mendengarkan maupun membaca setiap panggilan pribadi yang dilakukan oleh para penggunanya. Hal ini dilatarbelakangi karena fitur panggilan suara dan panggilan video ini sudah terenkripsi secara end to end. Ini juga berlaku bagi pengguna WhatsApp yang dilakukan melalui ponsel maupun pada komputer.

Baca Juga : RESMI DIRILIS INILAH SPESIFIKASI POCO X3 PRO

Saat ini, fitur voice and video call WhatsApp Desktop mulai dirilis secara bertahap bagi para penggunanya, termasuk di Indonesia. Jika Anda memang belum kebagian, maka Anda bisa mendownloadnya atau mengunduh WhatsApp desktop versi terbarunya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *