Cara Upgrade iPhone ke iOS 15, gimana caranya?

Upgrade iOS 15 Beta

 95 total views

RajaiT.id – Belakangan ini, Kamu mungkin tahu bahwa Twitter Indonesia diramaikan oleh topik iOS 15. Ya, kebisingan kicauan ini berisi tentang Apple yang akan memberikan pembaruan sistem operasi untuk produk-produknya.

Tak seperti sebelumnya, pembaruan yang rencananya akan dibarengi oleh pengenalan iPhone baru ini disebut lebih banyak menjangkau perangkat-perangkat lawas, bahkan sampai ke iPhone 6S dan iPhone SE. 

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Datangnya iOS 15 Nanti

Tentu saja, selain halnya dibagikan ke lebih banyak perangkat-perangkat lama, iOS terbaru ini juga menawarkan deretan fitur baru yang tak kalah menarik untuk dibahas.

Secara garis besar, pembaruan sistem operasi ini menawarkan perubahan pada beberapa fitur, antara lain FaceTime, Focus, Foto, Wallet, dan beberapa lainnya. Daftar lengkapnya pun bisa Anda ketahui lebih rinci di situs resmi Apple.

apple lab a Twitter: "#iOS 15 the most modern and the best #OS in the world! Here's your second look at the #iOS15 #concept 👀 Design by @aaple_lab… https://t.co/yHp3N2Vc04"
Source : Apple Twitter

Menurut jadwal yang beredar, pembaruan iOS 15 secara resmi akan mulai dibagikan sekitar bulan September 2021 nanti. Namun Kamu yang sudah tak sabar untuk segera mencicipi OS paling anyar ini juga bisa melirik update versi beta. Ya, Kamu bisa ikut ambil bagian sebagai penguji tahap pengembangan iOS terbaru sebelum akhirnya di-OTA-kan secara resmi ke iPhone pengguna.

Namun tentunya perlu Kamu ingat pula bahwa menggunakan sistem operasi versi beta, yang artinya masih dalam tahap pengembangan, tentunya juga memiliki risiko sendiri. Menjajal versi beta saat ini, Kamu pun harus siap dengan sedikit kemungkinan kendala seperti bug minor di sana-sini, aplikasi yang kurang lancar atau bahkan tak bisa dijalankan, atau bahkan membuat iPhone mengalami masalah.

Meskipun Kamu memilih untuk memberanikan diri dengan do-with-your-own-risk (DWYOR), bukan berarti tak ada langkah yang bisa Kamu siapkan sebagai opsi pengamanan. Yang jelas, sistem operasi versi beta ini sebaiknya tak Kamu gunakan pada iPhone daily driver-mu ya. Beberapa langkah mendasar yang perlu Kamu persiapkan yaitu:

1. Pastikan Kompatibilitas iPhone

Jelas, sebelum mulai berpikir macam-macam tentang versi iOS 15 beta ini, Kamu perlu memastikan bahwa iPhone-mu memang eligible atau  termasuk dalam daftar perangkat yang bisa menjalankan sistem operasi baru tersebut. Tanpa memenuhi persyaratan kompatibilitas ini, sepertinya hardware iPhone mu saat ini tak akan sanggup menjalankan sistem operasi tersebut.

Trending iPhone 6S dapat Update iOS 15, Netizen Heboh di Twitter

Pastikan smartphone yang Kamu gunakan saat ini termasuk dalam daftar berikut: 

  • iPhone 12 Series (12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max)
  • iPhone 11 Series (11, 11 Pro, 11 Pro Max)
  • iPhone X Series (X, XS, XS Max, XR)
  • iPhone 8 dan iPhone 8 Plus
  • iPhone 7 dan iPhone 7 Plus
  • iPhone 6S dan iPhone 6S Plus
  • iPhone SE (1st dan 2nd gen)

2. Lakukan Pencadangan (Back Up) Data  

Tahap kedua inilah yang menjadi langkah pengamanan sebenarnya, dimana Kamu perlu membuat cadangan data pribadi atau data penting lainnya sehingga bisa dipulihkan kembali seandainya terjadi hal yang tidak diharapkan pada iPhone. Terlebih dengan status beta yang ada pada iOS yang akan Kamu instal nantinya. Kamu mungkin juga perlu melakukan backup secara teratur, karena tak ada salahnya memiliki cadangan data bukan?

Backup & restore apps & data selectively w/ Dearmob iPhone Manager, free for iOS 12 - 9to5Mac

Melakukan backup pada platform iOS bisa dikatakan sebagai solusi yang paling mudah di antara OS lain saat ini. Kamu bisa memilih pencadangan melalui iCloud untuk opsi yang paling praktis, atau membuat cadangan di perangkat lain seperti di iPad, MacBook atau bahkan ke penyimpanan komputer Windows. Kamu bebas memilih mana yang paling mudah dan bisa di-restore nantinya.

Cara Install iOS 15 Beta

Kunjungi web resmi Apple Beta Software Program untuk mengunduh file firmware iOS 15 beta yang dibutuhkan. Untuk bisa mengunduh, pastikan Kamu sudah punya ID Apple untuk login. Atau daftarkan ID Apple baru jika Kamu memang belum pernah membuat ID sebelumnya. Membuat ID juga tak akan memakan waktu lama karena interface dan instruksi yang jelas untuk diikuti.

How to install iOS 15 and iPadOS 15 public and dev betas - 9to5Mac
source : 9to5mac

Selesai login, unduh profil konfigurasi iOS 15 beta ke iPhone lalu lakukan instalasi profil tersebut. Setelah selesai menginstal ke iPhone, masuk ke Setting  – General – Software Update untuk mulai proses update. Jika di tengah proses download terjadi masalah hingga menyebabkan kegagalan, Kamu tak perlu panik atau merasa kesal karena ini adalah hal yang wajar terjadi. Silakan ulangi atau lanjutkan unduhan kembali.

Akhir Kata

Itulah langkah cara upgrade iPhone ke iOS 15 versi beta yang bisa Kamu coba sekarang juga. Jika Kamu hanya punya 1 perangkat iPhone saja dan digunakan untuk sehari-hari, ada baiknya menunggu datangnya versi final iOS 15 yang bisa Kamu akses dari Setting – General – Software Update. Saat tanggalnya tiba untuk iPhone-mu, akan ada petunjuk di layar yang bisa Kamu ikuti untuk menginstal iOS 15.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *