Kenali Jenis dan Tipe SSD pada Komputer

Tipe SSD Komputer

 116 total views

RajaiT.id – Kenali Jenis dan Tipe Storage SSD pada komputer, komputer sebagai perangkat pengolahan data memerlukan penyimpanan yang memadai. Penyimpanan ini berfungsi untuk mempertahankan data yang ada dalam komputer tersebut. Semakin besar kapasitas penyimpanannya, akan lebih baik karena kinerja komputer tidak terhambat. Ada dua jenis dan beberapa tipe penyimpanan yang dapat digunakan dalam PC.

Jenis dan Tipe Storage SSD Yang Perlu Diketahui

Ada dua jenis penyimpanan yang digunakan pada PC. Pertama, adalah Hard drive, yang merupakan penyimpanan primer dan tertanam pada PC. Kedua, adalah SSD (Solid State Drive) sebagai penyimpanan tambahan yang secara fisik berukuran lebih kecil. Fungsi penambahan storage dengan jenis SSD ini memiliki tujuan untuk membuat kinerja PC semakin cepat dan optimal.

Saat ini, Jenis dan tipe storage PC SSD semakin banyak digunakan kerena dinilai mampu bekerja lebih cepat. SSD ini pun terbagi dalam dua jenis. Jenis pertama adalah tipe SATA atau Serial-ATA yang dapat digunakan pada motherboard lama. Adapun jenis SSD kedua adalah PCIe yang sering disebut NVME. Jenis ini memliki kecepatan dan kapasitas yang lebih. Setelah mengenali jenisnya, berikutnya akan dijabarkan mengenai tipe SSD yang ada di pasaran.

SSD Tipe 2,5 Inci


Mau Beli SSD? Yuk Ketahui Dulu Jenis-Jenis SSD Berikut Ini


Tipe penyimpanan tambahan yang satu ini adalah 2,5 inci. Tipe ini merupakan favorit, sehingga lebih mudah ditemukan di pasaran. Banyak orang yang memilih SSD tipe ini sebagai pengganti dari hard drive PC lama yang mulai melambat kinerjanya. Dari segi harga, Solid State Drive tipe SATA 2,5 inch ini berada dalam kategori termurah. Secara umum, kecepatan baca yang dimiliki adalah sekitar 550MB/s. adapun dari segi kecepatannya menulis, kemampuannya 500MB/s.

Jenis Dan Tipe Storage PC SSD M.2 NVMe


Selanjutnya adalah Jenis dan tipe storage PC M.2 NVMe. Dilihat dari tampilannya, memang tampak ada kemiripan dengan tipe M.2. Meskipun demikian, ternyata kecepatannya sungguh berbeda. Bahkan, tipe M.2 NVMe ini lebih cepat tiga kali lipat jika dibandingkan tipe SATA M.2. Namun, tipe ini memiliki kelemahan, yaitu tidak dapat dipasangkan dengan motherboard versi lama.

SSD mSATA

mSATA SSD 512GB – Troodon series – Orico

Tipe Storage pendukungyang berikutnya adalah mSATA. Ini merupakan SSD yang dirancang untuk penggunaan pada perangkat mobile seperti laptop. SSD yang memiliki ukuran kecil ini cocok untuk perangkat yang dayanya terbatas. Hal ini disebabkan oleh penggunaan dayanya yang rendah. Namun, tidak hanya laptop, tablet, atau netbook saja, melainkan juga untuk point–of–sale, dan printer multifungsi.

SSD Tipe M.2 SATA

SATA vs M.2 SATA vs M.2 NVMe: Which SSD is better?


SATA 3 vs M.2 vs NVMe – Ikhtisar dan Perbandingan (Tips Komputer) | Kiat komputer dan informasi berguna tentang teknologi modern!


Satu lagi jenis dan tipe storage PC tambahan yang didesain untuk perangkat dengan ketersediaan daya yang terbatas. Kinerjanya cukup tinggi meskipun penggunaan dayanya tergolong minim. Selain itu, jika dibandingkan dengan tipe SATA, ukurannya tampak lebih kecil. Tipe ini masih dibagi dalam dua jenis, yaitu double sided dan single sided. Untuk jenis sisi ganda, sudah barang tentu memiliki kapasitas lebih besar jika dibandingkan yang bersisi tunggal.

Tipe SSD PCIe

What Is The Difference: M.2 SATA SSD Vs. M.2 PCI Express (PCIe) SSD
SSD PCIe – Sumber : bytebitebit.com

Recovery Data SSD PCIe Yang Bermasalah – ahlidata.com
Sesuai dengan namanya, penggunaan interface jenis ini adalah PCIe. Dapat dikatakan, ini merupakan tipe yang memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan tipe SATA. Pemakaian SSD ini dapat membantu dalam mempercepat kinerja hard drive. Penyimpanan cukup besar dan kecepatan pengoperasian, membuat pc yang menggunakan tipe ini mampu mengolah data dengan efisiensi waktu.

Rekomendasi SSD Murah : 4 SSD Murah dan Berkualitas 2021: Tingkatkan Kecepatan PC dan Laptop Lemot

Setelah mengetahui Jenis dan tipe storage PC, tentunya pemilihan tipe dan jenis mana yang akan digunakan dapat dilakukan dengan lebih tepat. Beragam jenis tersebut bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam menyesuaikan SSD dengan motherboard dalam PC yang dimiliki. Hal yang perlu diperhatikan adalah memastikan penyesuaian kapasitas SSD dengan kebutuhan agar kinerja PC semakin optimal.

3 thoughts on “Kenali Jenis dan Tipe SSD pada Komputer”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *