Laptop Error dan lemot jangan panik, ini dia penyebabnya dan tips perawatan laptop

laptop error dan lemot

 172 total views

RajaiT.id – Inilah Beberapa Cara Mengatasi Laptop Error dan lemot yang perlu anda ketahui. Laptop kamu adalah beberapa perangkat yang paling sering kamu gunakan, jadi kamu selalu yakin bahwa perangkat harus berjalan dengan sempurna setiap saat. Namun, tidak ada jaminan nyata tentang itu dan hal-hal bisa menjadi sangat buruk sesekali.

Terkadang, itu yang terbaik untuk dilakukan, tetapi terkadang ada perbaikan sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah, atau setidaknya cari tahu apa yang salah dengan laptop Anda. Saat Anda memiliki masalah dengan laptop Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendiagnosis masalah tersebut. Kamu akan melihat beberapa masalah paling umum yang dihadapi orang-orang di laptop mereka dan Cara Mengatasi Laptop Error dan lemot.

Baterai tidak akan mengisi daya atau terkuras terlalu cepat

5 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Ini adalah salah satu masalah laptop paling umum. Ini juga cukup mudah. Di hampir semua kasus, baterai yang menyebabkan masalah. Pertama, Anda dapat mengetahui apakah baterai telah rusak dengan melepaskannya dari laptop dan kemudian mencolokkan pengisi daya ke laptop.

Jika laptop masih menyala dan berfungsi dengan baik, berarti baterai Anda bermasalah. Dalam hal ini, Anda harus membeli baterai baru untuk model laptop khusus Anda. Anda dapat menanyakannya ke pusat layanan merek.

Keyboard tidak berfungsi

Keyboard Laptop tidak Ingin Cepat Rusak? Begini Merawatnya - Harapan Rakyat Online

Keyboard laptop umumnya mengalami pemakaian berlebihan dengan tekanan yang sering sehingga Anda dapat mengharapkannya menjadi salah satu hal pertama yang menimbulkan masalah. Seluruh keyboard Anda mungkin berhenti berfungsi atau jika Anda beruntung, hanya beberapa tombol.

Dalam kasus beberapa keyboard tidak berfungsi, itu mungkin saja karena semacam terhambat dan terhalangan. Sebagai permulaan, Anda cukup membalikkan laptop dan goyangkan perlahan untuk melihat apakah itu membantu menghilangkan kotoran atau debu.

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Error dan lemot?

Ini mungkin terdengar dan terlihat aneh, tetapi itu bisa berhasil. Jika masalahnya ada pada semua tombol, maka salah satu hal pertama yang dapat Anda periksa adalah driver keyboard yang salah. Anda dapat melakukannya dengan membuka Device manager.

Blue Screen of Death (BSOD)

Blue screen of death - Wikipedia

Blue Screen of Death adalah salah satu masalah yang paling ditakuti pada laptop Windows. Sejumlah hal dapat menyebabkan kesalahan ini. Mereka dapat terkait dengan masalah perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin dapat memulai ulang laptop, sementara di beberapa kasus Anda mungkin tidak.

Laptop menyala, tetapi Layar blank

Black Screen Of Death - 5 Working Solutions to Fix BSOD Error in Windows 10

Jika Anda menemukan bahwa indikator status laptop menyala, tetapi layar tidak menyala, mungkin ada masalah dengan tampilan itu sendiri. Coba perhatikan indikator hard drive untuk melihat apakah hard drive aktif. Mungkin mencoba untuk mem-boot Windows.

Jika Anda menemukan bahwa indikator tetap menyala tanpa aktivitas apa pun, coba tekan tombol Caps Lock. Lampu indikator biasanya harus menyala dan mati jika laptop Anda belum mati. Jika laptop terkunci, maka itu bisa jadi semacam kegagalan perangkat keras. Kami merekomendasikan membawa laptop ke Ayooservice dalam kasus seperti itu.

Ada banyak sekali hal yang bisa salah di laptop, beberapa bahkan pada saat yang bersamaan. Mengikuti beberapa langkah yang disebutkan di atas akan membantu Anda mendiagnosis beberapa masalah, mencapai akarnya dan dalam beberapa kasus bahkan memperbaikinya. Tentu saja akan ada beberapa contoh dimana menemukan masalah akan menjadi sedikit sulit.

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10

Windows 10 blue screen lalu mati kesalahan terjadi setiap kali komputer Anda ditemui dengan sesuatu yang saya tidak tahu bagaimana proses itu terjadi. Jadi itu menutup sendiri untuk mencegah kerusakan. Sebuah blue screen adalah jenis terburuk dari kesalahan komputer yang dapat dialami.

Tidak seperti aplikasi crash, yang tidak menjatuhkan seluruh sistem. Kesalahan BSOD muncul ketika Microsoft Windows mengalami kesalahan kritis yang tidak dapat dipulihkan, memerlukan reboot dan mungkin mengakibatkan hilangnya pekerjaan dan ini beberapa Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10 yang dapat dapat anda ketahui.

Terkadang BSOD hanya terjadi sekali dan Anda tidak melihatnya lagi saat Anda memulai ulang. Jika kesalahan layar biru ini sering terjadi, Anda harus mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya. Pada windows 10 layar biru kematian umumnya disebabkan oleh masalah dengan perangkat keras komputer Anda atau masalah dengan perangkat lunak drivernya.

Juga disebabkan oleh masalah perangkat keras dan masalah dengan perangkat lunak tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Terkadang file sistem Windows Rusak Menyebabkan Kesalahan Layar Biru. Sejumlah jendela Laporan Pengguna Setelah menginstal Pembaruan Windows mereka sering menghadapi kesalahan layar biru dan jendela tidak dapat memulai. Di sini penyebabnya adalah pembaruan tidak diinstal dengan benar atau rusak saat mengunduh dan menginstal.

Jadi Kesalahan Layar Biru Ini Dapat Terjadi Karena Alasan Yang Berbeda dengan Kode Kesalahan Yang Berbeda. Setiap Kali Layar Biru ini hadir dengan Kode Kesalahan Baru. Di sini Kami telah Mengumpulkan beberapa Kode Kesalahan Layar Biru Berbeda Dengan Solusi permanen Bekerja untuk Semua Komputer Windows 10, 8.1 dan Windows 7.

Seperti kesalahan Blue Screen Of Death lainnya, Anda akan melihat layar biru yang mengatakan masalah telah terdeteksi dan komputer Anda akan restart.  (Ada begitu banyak alasan untuk kerusakan Harddisk Anda dan sebagian besar adalah penginstalan perangkat lunak sampah, virus, data yang ditimpa.)

Cara Mengatasi Blue Screen Windows 10?

Paket keamanan pihak ketiga dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras, yang dapat menyebabkan kesalahan ini. Seringkali, hard disk Anda tidak dapat memuat volume boot pada Windows. Atau Ini bisa jadi karena penginstalan atau peningkatan Windows karena Anda telah membuat beberapa perubahan pada perangkat keras komputer Anda.

Perangkat keras fisik, driver yang diinstal, atau ekstensi pihak ketiga menyebabkan masalah ini; dan dapat diperbaiki dengan analisis crash atau dump. Alasan kedua mungkin karena Anda memilih beberapa pengaturan yang tidak benar, atau jika sistem memiliki banyak data di dalamnya dan sumber dayanya digunakan secara berlebihan. Selain itu, jika Anda telah menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang telah memodifikasi file system asli, dapat menimbulkan masalah.

How to troubleshoot and fix Windows 10 blue screen errors | Windows Central

Ketika Windows mengalami kondisi yang membahayakan operasi sistem yang aman, sistem akan berhenti. Kondisi ini disebut ‘Bug Check’. Ini juga biasa disebut sebagai crash sistem, kesalahan kernel, kesalahan sistem atau kesalahan Stop. Ketika Windows mengalami kesalahan serius yang memaksanya untuk berhenti berjalan dan memulai ulang sistem. Lanjut membaca.

Meskipun error stop terkadang bisa membebani, Microsoft menyediakan perbaikan untuk hampir semua jenis galat yang menyebabkan layar biru kematian. Memindai malware dan mencadangkan data Anda adalah langkah penting lainnya yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan dampak waktu henti tiba-tiba yang tidak terencana yang mungkin disebabkan oleh kesalahan layar biru.

Inilah Beberapa Tips Merawat Laptop

yang perlu anda ketahui. Pastikan teknologi pribadi Anda sesuai dengan gaya lari terbaik, dan lebih dari sekadar bepergian dengan tas laptop. Pemeliharaan laptop bulanan memastikan kelancaran laptop Anda dan, yang terpenting, melindungi informasi pribadi Anda.

Semakin Anda peduli dengan laptop Anda, semakin baik. Semakin lama Anda hidup, semakin baik. Tidak hanya akan menghemat uang Anda tetapi juga akan terbayar dengan waktu henti yang lebih sedikit karena masalah komputer dan inilah beberapa Tips Merawat Laptop yang perlu anda ketahui.

Laptop harus dirawat dengan baik agar tetap memiliki performa yang prima. Artikel ini akan menunjukkan beberapa langkah mudah untuk memastikan laptop dapat bertahan lebih lama dengan pemeliharaan yang lebih sedikit.

Sebagai bonus tambahan, banyak langkah yang disarankan di sini akan membuat kecepatan laptop tetap terjaga. Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda sesekali memeriksa laptop untuk memastikan tidak ada kesalahan atau masalah yang menyusup diam-diam selama penggunaan sehari-hari.

Hapus Hard Drive dan SSD

Dalam sebulan, profesional seluler dapat dengan mudah menyimpan banyak file yang tidak perlu di hard drive laptop mereka. Periksa hard drive Anda. Luangkan waktu untuk memeriksa file di sana sebulan sekali. Saat Anda melihat file, putuskan dimana menyimpannya untuk referensi di masa mendatang dan apa yang akan dikecualikan.

Ini memberi Anda peluang bagus untuk mencadangkan file Anda ke drive eksternal (lihat langkah 4 untuk detailnya). Jika Anda secara teratur mengunduh program untuk menguji hal-hal baru atau memiliki akses ke program baru untuk proyek, hapus program tersebut secara sistematis saat tidak lagi diperlukan. Hard drive yang bersih adalah hard drive yang bekerja lebih lancar.

Defrag Hard Drive dan SSD

Defragmentasi adalah proses menyusun ulang data yang terfragmentasi agar komputer Anda berjalan lebih efisien. Tidak mengherankan, mendefrag hard drive Anda adalah alat perawatan lain yang akan membuat laptop Anda bekerja secepat mungkin.

3 Ways to Optimize and Defrag Hard Drive Disk in Windows 10

Anda tidak perlu mendefrag lebih dari sekali sebulan untuk menjalankan program Anda lebih cepat dan memanfaatkan ruang hard drive dengan lebih baik. Defragmentasi reguler hard drive laptop Anda akan mengurangi kerusakan perangkat lunak atau freeze-up dan membuat program menjadi lebih baik. Mendefragmentasi semudah menggunakan perangkat lunak defragmenter. Namun, jika laptop Anda memiliki solid-state drive (SSD), Anda tidak perlu mendefragnya.

Coba Sebutkan Tips Merawat Laptop?

Kali ini ingin memberitahu Anda untuk menjaga laptop Anda tetap bersih secara fisik. Membersihkan laptop melindungi Anda dari panas berlebih dan mencegah debu menyebabkan masalah di dalam kipas laptop dan port terbuka.

Pembersihan layar berarti data Anda selalu terlihat dan jelas. Dalam kasus Anda, menjaga agar tidak ada debu dan asap akan mencegah laptop Anda masuk ke laptop. Jika debu masuk, bisa diseka dengan udara bertekanan.

 Ada berbagai opsi perangkat lunak dan perangkat keras. Kami menyarankan Anda memilih metode yang mudah dan tidak merepotkan. Diperlukan berbagai metode sebelum Anda menemukan sistem cadangan terbaik untuk kebutuhan Anda. Yang terpenting, Anda harus memiliki tempat yang aman dan tahan api untuk menyimpan cadangan Anda. Membuat backup bulanan adalah cara jitu untuk mencegah kehilangan data.

Update dan Upgrade perangkat lunak

Jangan Malas Update Software, Kamu Harus Tahu Kegunaannya

Anda harus memperbarui perangkat lunak anti-virus Anda serta program perangkat lunak lainnya. Untuk banyak program, Pembaruan mengatasi masalah keamanan yang membantu melindungi laptop dan data Anda saat transit.

Anda dapat membuat pembaruan saat tersedia, tetapi kami menyarankan Anda menyisihkan sekitar sebulan sekali untuk menginstal pembaruan untuk menghindari gangguan dan memanfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya.

Update dan Upgrade Perangkat keras

Review Laptop Gaming Harga Paling Terjangkau ASUS ROG Strix G512L

Tidak usah panik lagikan jika memang sudah umur dan harus diganti saatnya untuk upgrade perangkat atau laptop kalian untuk itu kalian bisa kunjungi RajaiT.id untuk mendapat banyak pilihan perangkat laptop baru.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *