Panduan Memilih Monitor Gaming untuk Gamer Baru

Panduan memilih monitor gaming

 179 total views

RajaiT.id Keasyikan bermain game salah satunya ditentukan dari kehebatan perangkat permainannya. Jika Anda sedang mencari perangkat bermain game dengan PC berkualitas. Berikut ini ulasan mengenai cara memilih monitor terbaik untuk memuluskan hobi Anda.

Aspek penting monitor untuk para gamer

Visual merupakan hal penting dari sebuah game. Dengan visual maksimal, seorang gamer bisa menikmati waktu terbaiknya saat bermain game. Banyak gamer baru berpikir bahwa resolusi kamera adalah satu-satunya hal penting dalam memilih monitor gamer.

LED Monitor / Gaming Monitor / Designer Monitor » MSI Gaming Monitor • benqzone-century.com

Tapi ternyata ada banyak sekali aspek yang penting untuk Anda perhatikan jika ingin cari monitor gamer. Apa saja? Ini dia review dan ulasannya.

1. Resolusi

Resolusi memang aspek dasar untuk memilih monitor gamer. Akan lebih baik untuk membeli monitor gamer dengan resolusi yang tinggi. Mengapa? Ini disebabkan karena kini banyak sekali game yang dibuat dengan resolusi tinggi, jika resolusi monitor tidak sesuai dengan game, nikmat game jadi tidak maksimal.

Lalu apakah ada minimal resolusi untuk monitor gamer? Saat ini layar dengan resolusi 1080p masih digunakan. Akan tetapi para gamer ulung kini lebih banyak menggunakan layar dengan resolusi 1440p. Hal ini membuat resolusi ini dianggap sebagai standar monitor gamer.

2. Koneksi

Selanjutnya, koneksi adalah hal penting kedua untuk diperhatikan. Monitor gamer Anda harus dapat dikoneksikan dengan konektor modern. Salah satu konektor paling baru di dunia komputer adalah USB Type C.

Makin modern koneksi yang didukung oleh monitor gamer ini, makin lama monitor gamer Anda bisa digunakan. Selain itu, makin canggih koneksi yang digunakan, kualitas permainan Anda juga makin memuaskan.

3. Refresh rate

Perbedaan Refresh Rate 60 Hz & 144 Hz Pada Monitor Gaming - Sobat Game

Tidak banyak gamer baru yang memperhatikan fitur ini saat memilih monitor gamer mereka. Refresh rate ini memiliki satuan Hz. Makin tinggi nilai refresh rate-nya, makin baik. Refresh rate ini menentukan apakah gambar dalam game Anda bisa bergerak sesuai dengan pergerakan yang cepat atau tidak.

Fitur monitor gamer ini sangat penting dalam beberapa jenis permainan. Terutama permainan yang menegangkan seperti :

  • permainan penembak pertama,
  • permainan balapan,
  • permainan pertarungan
  • dan juga permainan strategi.

Bayangkan jika Anda bermain game bertarung dan Anda kalah hanya karena pergerakan fighter Anda terlambat? Pasti akan sangat menyedihkan bukan?

4. Waktu merespons

MSI Global - The Leading Brand in High-end Gaming & Professional Creation

Nah, selain refresh rate, response time atau waktu merespons dari monitor gamer Anda juga penting untuk diperhatikan. Response time menentukan seberapa cepat perubahan warna pada pixel monitor Anda. Dengan kata lain response time ini menunjukkan seberapa cepat gambar di komputer Anda bergerak.

Jika dilihat sekilas response time dan juga refresh rate cukup berbeda. Akan tetapi dalam menentukan response time makin sedikit nilainya artinya nilainya makin baik. Ini disebabkan karena nilai response time yang main rendah artinya gambar lebih cepat bergerak.

5. Panel

Panel monitor gamer saat ini ada 3 jenis yaitu :

  • TN = rata-rata refresh tinggi tapi memiliki waktu respon rendah,
  • IPS = panel ini memiliki waktu respon rendah tapi punya warna yang vivid dan sudut pandang luas
  • VA = gabungan dari panel TN ada IPS karena punya beberapa fitur yang mirip.

6. Adaptive sync

Terakhir adalah fitur Adaptive Sync. Fitur ini adalah fitur wajib untuk monitor gamer.

Saat ini ada 2 perusahaan besar yang memproduksi monitor gamer dengan fitur dan teknologi ini yaitu NVIDIA dan juga AMD.

Biasanya para gamer baru lebih memilih AMD karena harganya yang lebih terjangkau.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *