Sebelum Membeli, Ketahui Perbandingan Layar Lengkung VS Layar Datar Monitor Gaming

curved monitor vs flat monitor

 242 total views

RajaiT.id Industri gaming saat ini sedang banyak mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Maka tak heran, para gamers kini semakin mengasah lagi kemampuan mereka dalam bertanding secara virtual. Salah satu perangkat untuk menunjang hobi gaming adalah monitor gaming.

Tidak hanya dunia gaming, industri monitor gaming pun semakin berkembang dengan meluncurkan produk terbaru yang lebih canggih. Salah satunya adalah monitor layar lengkung yang mulai menggeser kedudukan dari layar datar. Penasaran perbedaan dari kedua jenis layar monitor gaming ini? simak ulasannya dalam pembahasan di bawah ini!

Perbandingan Layar Lengkung VS Layar Datar Monitor Gaming

Bisa dikatakan layar lengkung merupakan inovasi terbaru dari layar datar monitor gaming. Oleh karena itu, kedua jenis monitor tersebut memiliki perbandingan yang mendasar. Apa saja? Berikut ulasannya!

Segi Visual

6 Monitor Gaming Lengkung Terbaik, Main Game Semakin Puas! | Pricebook

Perbedaan mendasar dari monitor gaming layar melengkung dan datar terletak pada segi visualnya. Di mana untuk layar datar, tampilan yang ditujukan masih menggunakan tipe dua dimensi. Sehingga permainan pun menjadi lebih monoton dan kurang bergairah.

Sedangkan untuk curved gaming monitor, tampilan layar menjadi lebih memuaskan. Karena didukung dengan lengkungan dari sisi horizontal maupun vertikal. Sehingga permainan yang ditampilkan akan terasa lebih real dengan sudut pandang yang lebih subjektif.

Penampilan Fisik

Tiga Alasan Monitor Curved Bisa Jadi Incaran | Pemmzchannel

Sesuai dengan namanya, monitor layar datar memiliki tampilan flat seperti pada PC atau laptop pada umumnya. Mungkin ini terlihat mengesankan beberapa tahun lalu, sebelum kemunculan dari monitor gaming layar lengkung.

Desain yang trendi dan berkarakter membuat penampilan monitor gaming layar lengkung terasa lebih mewah. Tidak sampai di situ, saat ini banyak brand yang berlomba-lomba untuk menciptakan monitor layar lengkung terbaik. Tentu ini akan memberikan keuntungan bagi kamu, karena akan mendapatkan hasil kreasi dan kerja keras terbaik dari mereka.

Sensasi Bermain yang Sangat Berbeda

Samsung T55 Monitor: Monitor Layar Lengkung 1000R untuk Pekerja Kantoran - YANGCANGGIH.COM

Inti keseruan dari bermain game adalah ketegangan dan kejutan yang terjadi selama permainan. Untuk masalah sensasi, bisa dikatakan layar lengkung lebih unggul dibandingkan dengan layar datar. Karena bisa menampilkan efek 3D, sehingga permainan menjadi lebih nyata seakan-akan kamu masuk ke dalam dunia game tersebut.

Sedangkan untuk layar datar, kamu akan disuguhi tampilan yang biasa dan monoton. Layaknya menonton televise atau layar komputer.

Segi Harga

Pada awal kemunculannya layar lengkung memang dibandrol harga yang cukup tinggi dibanding layar datar. Namun dengan seiring berjalannya waktu, semakin banyak saja produsen yang menciptakan layar lengkung berbagai model. Tentu ini akan memengaruhi harga dari jenis monitor tersebut.

Sehingga saat ini harga dari layar lengkung semakin turun dan hampir menyamai layar datar. Dengan spesifikasi di atas dan harga yang hampir sama, jenis monitor mana yang akan kamu pilih?

Pengaruh Kesehatan Mata

Monitor Gaming Curved Murah 2 Jutaan!!! SPC SM 27 Layar Lengkung - Jagoan Gadget

Seperti yang diketahui bahwa menatap layar monitor dalam jangka panjang sangat tidak disarankan dalam dunia kesehatan, khususnya untuk kesehatan mata. Untuk meminimalisir efek buruk dari monitor, layar lengkung dinilai lebih nyaman dan aman untuk kesehatan mata.

Pasalnya layar lengkung ini didesain menyerupai kerja mata. Sehingga mata bisa bekerja secara normal tanpa harus memaksakan visual yang dilihat.

Berbeda untuk layar datar yang membuat mata bekerja lebih keras. Maka tak heran jika kamu menatap layar laptop atau komputer dalam jangka panjang, mata akan terasa perih, sepat, dan berair.

Baca Juga : REVIEW LENGKAP MONITOR GAMING LENGKUNG SAMSUNG CHG70

Meskipun demikian ada baiknya kamu lebih bijaksana dalam menggunakan monitor gaming, baik untuk layar datar maupun layar lengkung. Berikan porsi yang cukup agar mata bisa beristirahat dengan optimal.

2 thoughts on “Sebelum Membeli, Ketahui Perbandingan Layar Lengkung VS Layar Datar Monitor Gaming”

  1. Oh jadi begitu yah perbedaan antara layar lengkung dan datar, tapi sayangnya ssya sudah berenti jadi gamer hehe😀 tapi thanks ya artikelnya nambah ilmu pengetahuan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *