Tipe Alat Perekam Masa Kini Yang Harus Diketahui

alat-perekam-tipe

 236 total views

RajaIT.id – Beraneka Macam Dan Tipe Alat Perekam Masa Kini Yang Harus Diketahui, Zaman berubah dengan sangat cepat. Kebutuhan akan proses alat perekam semakin tinggi. Tidak hanya untuk kebutuhan dapur rekaman musik, film, maupun perusahaan perusahaan saja. Tetapi juga mulai masuk ke dalam ranah dunia sekolah.

Dimasa pandemi yang berkepanjangan, banyak sekolah sekolah yang akhirnya berinisiatif untuk membuat dapur rekaman swadaya. Ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para tenaga pendidiknya, untuk bisa tetap tampil paripurna ketika mengajar dan mendidik siswa/i. Ini dilatarbelakangi dari timbulnya semangat dalam keterbatasan.

Mengenal Beraneka Macam Dan Tipe Alat Perekam

Untuk hasil sebuah rekaman yang baik maka dibutuhkan beraneka macam dan tipe alat perekam. Entah itu untuk merekam suara saja, atau gerak, atau bahkan gabungan antara keduanya. Namun pastinya, untuk menghasilkan kualitas rekaman yang ciamik. Proses pengambilan rekaman, dalam hal ini pengambilan suara, harus dibuat dengan serius.

Pasalnya dari sekian proses pengambilan rekaman, yang biasanya paling banyak gangguannya adalah ketika proses pengambilan rekaman suara. Biasanya yang terjadi adalah intensitas kekuatan suara yang dihasilkan oleh narasumber akan pecah, putus putus, hingga timbulnya noisy. Sebuah suara yang terdengar sangat mengganggu dan berisik.

Berikut ini adalah uraian singkat, mengenai aneka macam dan tipe alat perekam yang biasanya digunakan dalam proses rekaman. Mulai dari beragam jenis mikropon, alat khusus perekam suara, windshield dan juga headphone. Yuk langsung saja simak penjelasannya dibawah ini, semoga membantu!

Microphones

Keluarkan Mic Ramah Podcast, Ini 6 Fakta Produk Baru Shure

Semua orang sudah tahu bahwa microphones menjadi benda penting pertama ketika akan memulai proses rekaman. Mikrofon yang dipakai biasanya terdiri dua jenis yaitu jenis lavalier microphone dan jenis directional microphone. Walaupun sama sama alat untuk merekam suara saat rekaman, keduanya mempunyai fungsi yang berbeda.

Fungsi dari  macam dan tipe alat perekam lavalier lebih kepada untuk merekam suara narasumber secara langsung. Cara menggunakannya tinggal dilekatkan saja ke baju subjek. Sementara untuk jenis directional digunakan untuk merekam suara yang berasal dari depan. Selain itu mikropon jenis juga berfungsi untuk menghilangkan suara dari arah lain.

Audio Recorders

Sony Introduces the PCM-D10 High Resolution Audio Recorder - The Broadcast Bridge - Connecting IT to Broadcast

Audio recorder digunakan hanya bila dibutuhkan. Audio recorders ini biasanya akan digunakan disaat saat tertentu saja. Semisal ketika sedang merekam video biasa. Pasalnya, proses perekaman video dengan metode perekaman biasa. Hasil suaranya, tidak jarang terdengar noisy dan terdapat efek suara yang menggantung. Sehingga akhirnya perlu memakai audio recorders tambahan.

Windshield

Microphone windscreens -- how effective / necessary are they? - Sound Design Stack Exchange

Alat ini adalah adalah alat tambahan microphones yang digunakan untuk tujuan memfilter suara dari suara bising angin. Windshield biasanya digunakan bila proses pengambilan rekaman berada diluar ruangan. Windshield ini memiliki beraneka macam dan tipe alat perekam yang beredaran dipasaran. Sehingga penggunaannya bisa tepat sesuai dengan kebutuhan

Headphones

headphones, Audio technica Wallpapers HD / Desktop and Mobile Backgrounds

Alat terakhir yang diperlukan untuk mengolah hasil rekaman yang akan ditayangkan adalah headphones. Penggunaan headphones ketika proses editing atau proses memoles, adalah untuk mengurangi gangguan atau pun keluhan saat proses memoles.  Alat ini digunakan untuk mendengarkan sampel suara rekaman yang dihasikan.

Baca Juga : Tips Dan Cara Tambahkan RAM PC Dengan RAM Fisik

Demikianlah uraian singkat mengenai beraneka macam dan tipe alat perekam masa kini yang harus diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang sedang mencari referensi, tentang berbagai jenis dan tipe alat perekam yang sering digunakan.  Sekian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *