Bingung Memilih Monitor Gaming? Ini yang Harus Anda Perhatikan

tips memilihj monitor gaming

 214 total views

RajaiT.id Game experience makin tinggi membuat makin banyak orang tergila-gila dengan game online. Akan tetapi untuk mendapatkan game experience secara maksimal, kualitas monitor gaming juga harus diperhatikan. Jika Anda sedang mencari monitor PC terbaik untuk bermain game, ini dia pertimbangannya.

Standar monitor gaming

Baik gamer baru maupun sudah profesional membutuhkan monitor yang berkualitas. Akan tetapi kualitas monitor bukan hanya ditentukan dengan merk saja. Jika Anda sedang bingung memilih monitor untuk bermain game, pastikan monitor ini memiliki standar minimal monitor gaming. Apa saja standar ini? Berikut ini ulasannya.

1. Memiliki resolusi 1440p

Jual Xiaomi Ultra Wide Curved Gaming Monitor 1440p 144hz Amd Free-sync 34 Inch - Black Murah Mei 2021 | Blibli

Salah satu standari dari monitor untuk gaming adalah resolusi dari monitor tersebut. Dahulu monitor dengan resolusi 1080p sudah cukup baik. Akan tetapi monitor dengan resolusi ini sudah banyak ditinggalkan.

Seberapa pentingnya resolusi monitor yang tinggi? Saat ini banyak sekali game dengan kualitas resolusi tinggi. Hal ini disebabkan karena game dengan visual beresolusi rendah memang kurang menarik dan minim peminat.

Jenis resolusi monitor yang saat ini paling banyak gunakan untuk gaming adalah monitor dengan monitor dengan resolusi 4K. Akan tetapi karena harga monitor dengan resolusi ini cukup mahal, resolusi 1440p menjadi lebih banyak diminati.

2. Refresh rate tinggi

C24RG50FQE | LC24RG50FQEXXD | Samsung Indonesia

Standar lain dari sebuah monitor untuk gaming adalah refresh rate atau rata-rata perpindahan gambar layar setiap menit. Rate ini menunjukkan seberapa cepat pergantian gambar di sebuah monitor. Makin tinggi nilai rate-nya, makin tinggi kualitas monitor tersebut.

Refresh rate adalah faktor yang sangat penting untuk Anda perhatikan jika Anda ingin bermain game dengan pace yang tinggi. Contohnya adalah game real time strategi, game sport atau game penembak pertama seperti PUBG dan game populer masa kini lainnya.

Oh ya, untuk mendukung monitor dengan Refresh rate yang tinggi, baiknya Anda juga memiliki laptop dengan GPU dengan frame rate tinggi. Jika keduanya tidak saling mendukung, Anda tidak akan mendapatkan visual memuaskan dari game Anda.

3. Response time rendah

MSI Global

Standar lain dari sebuah monitor gaming yang berkualitas adalah respose time yang rendah. Response time menunjukkan waktu pixel monitor membuat respon saat ada perintah penggantian. Oleh karena itu, jika sebuah monitor punya response time yang rendah, ia memiliki pergantian warna dengan lebih cepat.

Jika sebuah monitor memiliki waktu respon rendah, efek tearing mungkin terjadi. Efek tearing adalah efek dimana tampilan layar Anda terbagi menjadi 2 gambar atau robek. Efek ini juga bisa terjadi karena frame rate yang fluktuatif.

4. Monitor dengan adaptive sync

NVIDIA G-Sync AND AMD FreeSync: Say Goodbye to Game Screen Lag and Tearing

Adaptive sync adalah sebuah teknologi untuk mengurangi potensi layar terbelah. Ya, selain disebabkan karena frame rate dan juga karena waktu respon yang rendah, efek tearing bisa terjadi karena faktor lain.

Tujuan adanya teknologi adaptive sync ini adalah untuk menurunkan potensi layar terbelah ini. Jika ingin teknologi ini ada di monitor Anda, kini ada 2 teknologi Adaptive sync yang bisa Anda temukan yaitu dari AMD dan juga dari NVDIA.

5. Memiliki color gamut yang luas

Gigabyte Luncurkan 5 Monitor Gaming Terbaru dengan AMD FreeSync Premium - Gizmologi

Color gamut menjelaskan mengenai kemampuan monitor mendeteksi warna. Makin besar color gamut dari monitor Anda, makin baik monitor tersebut untuk main game.

Baca Juga : SEBELUM MEMBELI, KETAHUI PERBANDINGAN LAYAR LENGKUNG VS LAYAR DATAR MONITOR GAMING

Mengapa? Pasalnya jika monitor dapat mendeteksi lebih banyak warna, visual game jadi lebih berwarna. Ini membuat pengalaman game Anda jadi lebih maksimal.

1 thought on “Bingung Memilih Monitor Gaming? Ini yang Harus Anda Perhatikan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *