Tips merawat All In One PC – Raja IT

rawat all in one pc

Source Image : https://www.monitornerds.com/the-best-all-in-one-pcs/

Kumendan-Kumendin, masih ingat dong bahasan “All In One PC jadi solusi masa kini tanpa ribet.” Nah, ada tips nih dari RAJA IT untuk merawat PC All In One kita.

Walaupun sudah sangat ringkas dan hemat tempat, kita tetap perlu merawat dan menjaga All In One PC supaya tetap awet.

Yuk kita simak tips merawat PC All in One tetap awet dan tahan lama.

Menjaga Aliran Listrik

Musuh utama barang elektronik adalah voltase listrik yang tidak stabil, agar arus listrik tidak naik turun, kita bisa memasang UPS (Uninterruptible power supply).

Mengapa perlu UPS? Karena UPS akan mempertahankan daya ketika listrik mati, atau sedang baik dan turun. Dengan daya cadangan, maka bahaya kerusakan komponen All In One PC tak akan terjadi.

bersih pc

Source Image : https://sea.pcmag.com/desktops/110/the-best-all-in-one-computers-for-2020

Rajin Bersih-bersih All In One PC

Penempatan untuk PC juga sangat penting. Kita harus meletakkannya di tempat terbuka demi mendapatkan sirkulasi udara yang baik, kita juga harus sering membersihkan bagian belakang dari debu agar tidak terjadi overheating atau terlalu panas, jika itu terjadi, maka komputer jadi lambat dalam bekerja.

Jangan sampai terlewat bagian layar, mouse dan keyboard untuk dibersihkan. Sebab ketiga alat itu paling banyak menyimpan bakteri dan virus, apalagi new normal ini harus higienis dan bersih agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Stay clean and healthy ya.

virus protection

Antivirus dan Software Update

Selesai dari bagian luar. Kita juga perlu menjaga kinerja dari dalam, setidaknya selalu melakukan update windows agar terhindar dari bottleneck software.

Disarankan juga menginstall Antivirus agar tetap ter-maintenance dengan baik, selalu mengaktifkan Scan Virus agar terhindar dari virus ataupun malware yang bisa membuat komputer semakin lelet. Lakukan Defrag Hard Drive PC agar usia HDD atau SSD lebih lama.

Semakin banyak program yang kamu install, semakin berat juga PC untuk melakukan update secara menyeluruh, kamu bisa gunakan beberapa software pendukung salah satunya Iobit untuk mempercepat kinerja komputer kalian.

Selain menerapkan hal-hal di atas, untuk menjaga performa All In One PC, kamu juga harus mematikan perangkat. Jangan pernah mematikan PC dengan cara paksa, seperti mencabut sambungan listrik secara langsung. Jika dilakukan, maka akan menyebabkan kerusakan pada komponen All In One PC kalian.

1 thought on “Tips merawat All In One PC – Raja IT”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *